Tuesday, April 18, 2006
Wiken kemaren kemana?
Yup I go to Lembang, 2 kali seminggu. Bukannya gak puas, cuman, yg 8-9 april g ada training di Diklat Pertanian situ. Nah yg 15-16 april nya emang ada acara Ultahnya Vina, ponakan g, so the whole family decided to go n have vacation there.
Training yg g ikutin itu ttg Ethos Kerja yaitu bagaimana sikap mental kita dalam bekerja. I would share this here, karena mnrt g, penting banget sikap mental kita dalam bekerja, eg dalam menghadapi kondisi peraturan perusahaan yg kadang kurang mengenakkan buat kita (been there) , tapi kita jgn ampe kepengaruh karena bahkan bisa membuat kita jadi manusia bodoh (Ada Band) ..halah
Hal2 apa yg bisa menghambat kita untuk maju adalah, kita sudah terbiasa berada di Comfort Zone (Zona Aman) which is keadaan ‘tidak ada masalah’, nyaman-nyaman saja, dan karier sedang berjalan lancar.

The question is : “Bagaimana agar kita mau berubah (termasuk merubah perilaku yang negatif), pada saat sedang merasa nyaman?”

Alam, memang begitu.
Manusia dahulu berusaha membuat rumah di atas pohon, supaya nyaman, aman dan terhindar dari binatang buas.
Tetapi proses pemindahan rumah ke atas pohon memang baru terjadi setelah manusia mendapat serangan binatang buas.
Dan, alam mengatur hormon adenocorticotropin (ACTH) untuk keluar dari ginjal setelah ancaman menghadang.
Jika keadaan oke-oke saja, ia tidak/sedikit keluar.

Namun, keadaan sudah sangat berubah.


Teori terbaru kini, manusia dituntut untuk selalu berubah , terutama justru ketika sedang dalam keadaan jaya, aman dan tidak ada masalah.
Sebab, jika berubah atau terjadi perubahan dalam keadaan sulit, maka kita sudah dalam keadaaan tanpa daya.
Cash flow mulai negatif, market share menyusut, sumber daya melemah, semangat hilang atau rasa putus asa meningkat.
Apalagi, dalam jaman yang berubah dengan amat cepat dan luar biasa seperti ini.

Problemnya adalah: Orang tampak sering sulit berubah. Yang benar adalah enggan diubah (oleh orang lain).


Ia lebih mau berubah, kalau ide perubahan datang dari diri sendiri (atau seakan-akan begitu).
Dengan demikian, pertanyaan tadi dapat dijawab dengan: Bisa.

Sikap mental bisa dan bahkan harus terus dikembangkan dalam zona nyaman. Caranya?
  1. Mengingatkan semua orang tentang sifat zaman yang terus bergerak...ya...everything is in flux... jadi, kita mesti terus berubah menyempurnakan perilaku kita, mengikuti kehendak jaman atau bentuk antisipasi perubahan-perubahan yang akan terjadi.
  2. Membiasakan diri dengan continuous improvement, yaitu melakukan perubahan kecil-kecil sedikit demi sedikit, mulai dari diri sendiri, unit terkecil, sampai divisi kita.
  3. Membuat ide perubahan (apapun) yang -kalau bisa- keluar dari orang yang bersangkutan. Kalau tidak bisa, berarti pemimpin/orang lain yang harus membuat ide tersebut, lalu membuatnya seakan-akan datang dari anak buah atau orang yang dikehendaki berubah
  4. Memberikan kenyataan-kenyataan yang tak terbantahkan tentang perubahan. Misalnya saja perubahan pada bisnis taksi, yang sangat kesulitan (sampai terancam bangkrut) karena kenaikan BBM Oktober 2005. Padahal, bulan sebelumnya masih jaya-jaya saja.
  5. Mengingatkan bahwa: “Yang sudah benar kita lakukan kemarin, bisa saja menjadi tidak benar lagi di masa kini”. Mengapa? Karena jaman sudah tak menghendakinya lagi.
  6. Jangan sombong, dimana merasa bahwa semua pengetahuannya adalah segalanya, dan yang tak diketahui adalah bukan apa-apa...Sebab? Banyak pengetahuan dan pengalaman baru yang amat merubah perilaku bisnis. Dan, orang yang paling akan dilibas perubahan dahsyat adalah orang yang sombong seperti ini...
  7. Mulai dengan merubah hal-hal yang rutin (termasuk perilaku negatif kita yang sudah unrelevant lagi dengan jaman), aturan yang terlalu kompleks, dan mulai dengan ‘bergerak/do something’, jika ada kesempatan untuk berubah. Aturan/nilai/core bisnis baru diubah jika keadaan mamang mendesak.
  8. Jangan selalu berpegangan pada keberhasilan masa lalu. dan kaku bersandar pada tradisi lama. Tetapi berpandanganlah ke depan dan ubahlah tradisi/perilaku lama yang sudah obsolete, apalagi yang obsolete dan negative...
Jadi? Selamat mengadakan perubahan dan perkembangan setiap saat, mulai dari diri sendiri, kecil-kecil dan berkesinambungan.

Just remember...nothing immortal except the change it self....

Okei, enough about working, sekarang I would like to share about Raihan.
Dari liburan kita kemaren, g mendapat sedikit ‘penglihatan’.. uhui paan sih. Tapi g seneng karena g ngerasa connect banget ama anak g ituh. Even yg dia minta sesuatu yg biasa banget, tapi g seneng karena g ngerasa bonding banget ama dia..

Sinar matamu itu..menggodaku..membuatku untuk berlagu..
Sinar matamu itu..menggairahkan..membangkitkan sebuah rasa suka..huo ..huo.. ha..ha

Gara2 ke Lembang, jadi punya hobi baru, which is main pinball ama mainan Ninja. Oh Iya, jangan lupa, yg nyupir aku loh !!

Taking picture before bubar jalan..The whole family, minus keluarga Pak De Agus, soalnya ybs kaga gitu demen dipoto ..
posted by Bunda RaRa at 1:25 PM -
7 Comments:
  • At 2:23 PM, Blogger dahlia said…

    ngak mo koemn foto yang pelatihan ituh..

    tatut ....tatut..

     
  • At 3:29 PM, Blogger Yanie said…

    wih... ngomong-ngomong pelatihan jadi inget jaman kuliah dulu lo bunda, apa aja ngikut, sekarang ??? boro-boro, mana sempet gitu lo...
    Sukses deh bunda... semoga apa yang didapet kemarin bener-bener bermanfaat bagi kinerja selanjutnya, amien... ( kinerja bagus, perusahaan untung, gaji and bonus mungkin akan ditambah ya bunda...)

     
  • At 4:59 PM, Blogger Keira Adzra Athayya said…

    wadow! ternyata dah bangun dari tidurnya niy.... ampe ketinggalan berita xixixixi...

    nah sekarang giliran hanimun ama ayahnya raihan dunk:)

     
  • At 7:02 PM, Blogger ShOFa ImOeT said…

    aduhh.. asik bgt jln k lembang, dah lama niy g k bdg huhuhu..

    ya ampyun itu raihan nyetir> koq gedean setirna yakz? hihihi

     
  • At 10:47 PM, Blogger Innuendo said…

    2x seminggu ? dari jakarta ke bandung, din ?

     
  • At 12:26 AM, Blogger D-eby said…

    Useful posting Bunda, yupe sometimes we just so reluctant about changing environment coz' we just do not want to deal with something that we still do not know yet...tatut gitu..!:)

    Aduh..reuninya seru gitu...hik..jadi kangen ama sodara2 di indo dech !

     
  • At 5:46 PM, Blogger Yulia said…

    Foto 1: sok tauuu..blaguuu..sok serius padahal dah gak tahan ngantuk tuh..wakakakaakk..

    Foto 2: Nah nyang ini baru asli elo..ngekek2x gak ketulungan..apaan seh..

     
Post a Comment

About Me
Name: Bunda RaRa   Home: Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia About Me: I'm a mother of 2,..gossh, i cant believe it i am having those 2 precious now..working professionally in this company...gak penting lah..what matter is my family, always number one.. See my profile...

Previous Post
Archives
Links
Multiply Bunda | Femina | Parents Guide | IMDB.com | AyahBunda | Nakita | Sedap Sekejap | Cosmopolitan | All Recipe | Resep mami | Resep Kita | Resep Mommy Atli | Dapur Bunda | Dongeng 1001 Malam | Milis Sehat | NCC | Parenting

Friends

Jagoanku !

    www.flickr.com
    This is a Flickr badge showing public photos from strawberry chick. Make your own badge here.

Narsis juga ahh

Credits

<<HOME

 

 
"Mad Girl's Love Song" by S.Plath & Dingbat Font - Glamocon