Wednesday, February 01, 2006
Antara Seminar dan Bandung

Wakakak..udah lama gak on line. Bijini lah nasib orang yg ketergantungan blog dari kantor. Yaah, karena g masih memanfaatkan fasilitas kantor buat ngeblog. Jadi kagak bisa online dari rumah getu.

Eniwei, last week I have 2 seminar to attend. Seminar yg pertama nyangkut ke kerjaan, so I will not share here, but it was di Bandung, jadi i will share about my one day experience in Bdg. Seminar kedua, nah ini yg penting, seminar PESAT yang diadain ama web sehat, cek out in here

Topiknya ttg seputar masalah kehamilan, perkembangan anak, dan kesehatan gigi.

Pembicaranya ada 3 orang, 2 dokter, 1 praktisi. Yang Pertama Masalah Seputar Kehamilan oleh Dr.Reinita Maureen, trus Perkembangan anak oleh Hanny Armansyah, terakhir Kesehatan Gigi oleh Dr Suzanty Ariany.

Dokter2 sekarang tuh cantik2 yah..and mereka also mom,tapi doesnt look like one loh.

Trus kenapa g decided to join the seminar, Pertama, karena curios, pengen tau ttg PESAT (=ingg= Health Education Program for Parents) sesuai mottonya : Be Smarter, Be Healthier, You and Your Doctor, it Takes two to Tango..G sedikit baca milis sehat, and tertarik kenapa kita harus jadi detektif sebelom berangkat ke dokter, jadi kita tuh gak di boongin ama dokter. Parents, kadang kita gak tau apa yg dikasih dokter ke anak kita, penggunaan obat yg berlebihan apalagi buat anak, bisa bikin kerusakan hati dikemudian hari. Trus kenapa orang Indonesia tuh seakan nganggap antibiotik itu dewa, pdhl bukan penggunaan antibiotiknya, tapi tentukan dulu infeksinya apa, baru kasih antibiotik yg cocok. Selain itu pola peresepan dari dokter, yg cenderung memberi banyak resep pdhl utk satu penyakit. Makna berobat ke dokter adalah utk berkonsultasi, jadi jgn tergopoh2 mengobati gejala. Pokoknya harus tepat dlm diagnosa, pilihan obat, dosis, lama, cara, kualitas, harga, klo lupa minum obat gmn,trus topiknya menarik. Since gue pengen hamil lagi, dan g pengen nanya, gmn prosedur memulai kehamilan. Nah g baru tau, klo kita mau hamil tuh, kita harus test TORCH dulu biar bayi kita sehat, yaitu :

Toksoplastmiosis, yaitu parasit yg bisa meyebabkan keguguran atau bayi cacat

Other Infection, yaitu Sipilis, Hep B, Epstein, Barr Virus, Human Pavirus

Rubella, yaitu infeksi yang bisa menyebabkan kelainan jantung, cacat mental, tuli,kelainan darah, kerusakan penglihatan, pneumonia.

Cytomegalovarus (CMV) yaitu infeksi yang bisa menyebabkan tuli, cacat mental, hep, kelainan Darah

Herpes Symplex yaitu virus yang bisa menyebabkan kerusakan permanen sistem saraf bayi.

Pantesan ya, klo di LN, pasangan yang mau nikah tuh pada di ikutin married conceling, dimana, dia tuh diajarin, gmn caranya bikin anak yg berkualitas.
Nah, di seminar ini kita tuh diajarin, step2nya semua sampe minggu2 kehamilan, kelahiran, pola perawatan bayi, merawat tali pusat, kapan anak memerlukan pertolongan medis...waduuh banyak deh.

Topik yg kedua ttg Perkembangan anak, terutama masalah seputar kapankah anakku mulai bicara. Nah, yg berbicara ini Mbak Hani, bukan dokter, tapi anaknya di diagnosis mengalami keterlambatan berbicara.

Kayaknya ini seperti sharing, gmn cara dia overcome its porblem, dan gmn dia struggle bcz knowing she was one of the reason anaknya terlambat bicara.

Ternyata kuncinya adalah STIMULASI yang tepat pendukung utama utk perkembangan optimal, yah, dari senyuman,sentuhan,pelukan, mendongeng, ngobrol dan main bersama, pokoknya sbg orang tua, kita harus responsif dan masuk ke dunia anak.

Mengapa anak kesulitan belajar bicara ?

Menurut Dr James D Macdonald Phd, Speech and Language Pathologist, hal2 yg menyebabkan anak kesulitan belajar bicara :

  • Fisik, yaitu : keterbatasan dalam organ berbicara, dan perkembangan otot yg lambat.
  • Kelambanan dlm mengeti pembicaraan orang dewasa, cont : ibunya klo ngomong banyak dan cepet2
  • Terlalu sedikit interaksi dgn orang lain, jadi dirumah mulu dan pengasuhnya pendiem, trus mom dad nya juga jrg ngajakin ngobrol
  • Peran yg terlalu pasif dlm kehidupan sosial, yah itu..dirumah mulu.
  • Cara komunikasi non verbal yg sudah terlalu nyaman dipakai, cont terbiasa nunjuk sesuatu if want something, instead of talking what he wants
  • Orang dewasa bicara atas nama anak..biasa lah, ditanya namanya siapa, yg jawab ibunya
  • Terlalu banyak rangsangan, ini klo ibunya super cerewet
  • Terlalu banyak bahasa sekolah dan kurang bahasa komunikatif, cont, diajarin hitungan 1 ampe 10, tapi gak tau maksudnya apa.
  • Terlalu banyak main sendirian

Nah, trus gmn cara membantu anak berbicara :

  • Beri respon thdp semua jenis bunyi yg dia keluarkan dari mulut- singkat dan ekspresif..cont bunyi ambulan..ngiung..ngiung..
  • Setelah kata2 muncul, tunjukkan bahwa respon diberikan lebih thdp kata, bukan bahasa tubuh atau bunyi2an.
  • Tunjukkan apa yg harus ia ucapkan, jgn lebih dari 2 kata
  • Bermain bersama sesering mungkin, masuk kedalam dunia anak
  • Seimbang, jangan mendominasi
  • Sesuaikan sikap dgn apa yg anak sedang lakukan
  • Berkomunikasi dgn cara yg anak bisa lakukan
  • Jaga agar kegiatan berlangsung menyenangkan, jadi teman main yg ekspresif dan menghargai anak, bukan spt guru
  • Jangan mengoreksi dan jgn ikut bicara dlm bahasa anak
  • Jadilah “kamus hidup” utk segala yg dialami anak

Kesimpulan, proses perkembangan anak berbeda, so jgn bandingin anak kita dgn anak orang lain, kalo mau bandingin, bandingin apa yg dia bisa kemarin dan hari ini.

Oh iya, terakhir Mbak Hani sharing puisi, dan mnrt g touchy bgt :

Mom and Dad

It is like we live in a staircase

You are way up there

And I am way down here

Please come down and do things I can do

Then you can show me

How to climb the stairs

(Just show me, dont lift me up)

Work with me one step at a time

And please be patient

Because My goal is not being up there

But simply climbing together with you

Gitchu...Oh iya, Topik terakhir juga gak kalah menarik, yaitu ttg kesehatan gigi. Gimana pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut anak, trus kenapa kita harus menjaga kesehatan gigi susu anak, yaitu : utk mempertahankan ruangan utk gigi permanen, penentu arah gigi permanen, pertumbuhan wajah, pencernaan makanan, bicara

Posisi sikat gigi yang benar, cara sikat gigi, pasta gigi anak (non fluoride utk dibwh 3 thn), Kapan harus sikat gigi, Memilih sikat gigi, Oh iya, jgn lupa berikan air putih setelah minum susu, krn susu botol tuh ngandung gula, jadi bisa ngikis email. Trus klo bisa pilih susu formula yang bebas sukrosa, krn bisa bikin baby bottle caries. Trus jgn biasakan empeng ! bisa bikin bibir pendek dan gigi tonggos dan susah pelafalan s,t,th,f.

Trus jgn ngisap jari ! akibatnya bisa langit2 mulut dalam (pengaruh ke bentuk muka), gigi tonggos, gangguan bicara, jari gepeng,...waduh.


Trus, bunda mo cerita dikit about Bandung. First, Bunda take a bus to go there, and lewat Tol Cipularang. First time? Yes. G jadi inget ama ibu ini, dia yang pertama kali nanya ke g, percakapannya kyk gini :

Dahlia : “Din, Cipularang tuh kenapa sih dinamain cipularang, apa emang nama daerahnya ya?”

Gue : Bengong (waktu itu lagi gak konek) “Tau tuh”

Baru kemudian g tau klo Cipularang tuh kepanjangan dari CIkampek-PUrwakarta-padaLARANG .. Ooo gitu toh.

Ternyata, it took only 2 hour bus yah...ih deket banget. Naek jalan tol itu serasa di awang2 deh. Lo baru belok ke arah sadang..and lo ngelamun sebentar aja..then..hayyah..welcome to Bandung...hahaha. Cepet amat.

Trus, waktu KM 100 something , lo bakalan nemuin rel kereta, yg klo ada keretanya, lo serasa berada diatas kereta..and then one time, suddenly kereta itu ada di bawah lo,terus..terus...seru deh.

Okey, sampe Bdg, g yang sama sekali gak tau ttg Bandung, Cuma bermodalkan pengetahuan klo Dipati Ukur tuh di daerah Dago. “Pokoknya lo gak bakalan nyasar, asal lo nanya!”. Ooh, oke deh. Ternyata..bener juga, Supir angkotnya baik2 deh,..dan sangat sopan..Lo gak bakalan denger teriakan “Sompret!!” klo lo naek angkot. Beda banget deh ama Sup angk Jakarta.

Then, tiba2 g udah nyampe aja di sana. Kelar seminar, bingung neh, pulang naek apa...watta..ada BB (merek salah satu jenis taksi)...huhui..

Tau gak, BB itu udah 3 bulan di Bandung, and tiap hari supir2nya tuh harus menerima pemukulan dari supir taksi lain, karena mereka supir taksi yg masih terima argo.

Emang ada 200 armada di BB, tapi cuman 80 armada yg jalan, karena supirnya pada gak sanggup. Kenapa gue tau fakta ini? Karena supir taksi ini yang cerita.

Wkt gue baru buka pintu, dia sedikit ragu, mau ngangkut g apa nggak. Tapi kyknya dia kasian ama g, soalnya g bilang, saya mo ke Jakarta, tolong anter ke terminal Leuwi Panjang. Trus sepanjang perjalanan, dia sibuk banget SMS.

G panik, takut kenapa2, akhirnya g ajak ngobrol aja, Supir Taksinya (ST) itu.

G : “wah enak ya BB udah ada di Bandung?”

ST : “ iya, lumayan baru, udah mo jalan 3 bulan”.

G: “ Bapak sendiri, udah lama narik taksi ?”

ST : “Saya baru seminggu inih narik taksi, neng (sumpe lo, g dipanggil neng)”.

G: “ Iya pak, klo ama BB, saya udah percaya, gak bakal ngerjain penumpang, klo supir laen, pastikan saya udah dikerjain kali,..saya denger taksi sini pada ogah pake argo”.

ST: “Iya nih, kasian supir2nya, pada dipukulin, klo ngetem aja, langsung di keroyok ama supir lain.”

G: “ Masa ampe segitunya sih pak?”

ST: “Iya, hari ini aja udah 3 supir yang dipukulin”.

G : (gue bingung mo ngomong apa) Wah klo gitu supir BB harus punya skill karate dong. Bapak udah sedia pistol apa pentungan neih?”.

ST: (ketawa aja) “Emangnya saya ada tampang preman “

Trus dia nerima telpon. Kayaknya dari bosnya. Anehnya air mukanya berubah wkt terima telpon. Yg nelpon dia kayaknya ngasih dia instruksi macem2 gt deh. “Iya pak, ini saya sedang menuju sini..sini...trus nanti saya akan kearah sana..sana..tapi saya dapet penumpang nih..”

G : wtf? (bingung)

ST: (nutup telpon)

G : “Bapak siapa? Bapak intel ya?”

ST : “ (Senyum2) Iya neng, saya sebenernya undercover. Itu taksi yang dibelakang, anak buah saya. Tadi saya agak ragu mau ngangkut neng apa nggak. Tapi..kasian lah neng jauh2 dari Jakarta.”

G : “Waduh saya jadi gak enak ama bapak. Ganggu bapak kerja”.

ST : “Gpp neng, kan saya mah pelayanan masyarakat”.” Saya anter neng dulu ke leuwi panjang yah”

G : “ Loh dari tadi emangnya ?!?!?!?!”

Trus, tau gak, saking undercovernya dia, dia tuh ampe agak gaptek nyalain argo. Trus tengah2 jalan baru sadar klo dia belom nyalain argo. Trus setelah dia come clean about his status, trus dia bilang, mo matiin argo aja, tapi trus dia gak tau gmn cara matiin nya..deuh..riweh.

Moral of the story: klo malu bertanya, naek taksi BB aja, sapa tau ketemu supir intel...hehehe

Eniwei, I give him a big tip, bukan karena g kasian, klo bener dia supir BB, kan dia berarti udah jihad (deuuh) dgn kerjaannya itu. Trus dia juga udah ngenterin g dengan selamat ampe tujuan...dan it was udah malem...yg bikin g tambah panik. But g akhirnya made it to Jakarta. Thank God.

posted by Bunda RaRa at 12:17 PM -
19 Comments:
  • At 2:58 PM, Blogger dahlia said…

    komentar pertama....
    # wah klo mengenai TORCH, duuuh kayaknya boleh nih, ada yang mo ser ama gw. Ya...cukup berpengalaman gw deh buat ngelawan TORCH ini. dari jumlah yang 248 sampe masuk ke batas normal

    # klo orang tua dulu tuh, bilangnya gini.

    Klo jalan duluan, ngomong nyusul dibelakang. begitu selanjutnya

    Adalagi, klo anak perempuan tuh ngomong duluan, anak laki belakangan.

    Eh ternyata teori mereka, ada betulnya. Loh

    # Tol cipularang, di TUTUP lage Horeeee

    # kok ngak ada crita percobaan "pemerkosaan" ya...?

     
  • At 3:07 PM, Blogger dahlia said…

    Komentar orang kedua....

    hehehe gw lagi

    # eh, bun...tau nohp sopior taksi BB, catet ngak , Bun

    kling...kling..*sambil ngedipin mata sebelah, kaya elvi sukaesi*

     
  • At 5:17 PM, Blogger Mutiara said…

    Ok juga seminarnya ya..Aku saja belum pernah ikutan seminar begituan. Sekarang ini kita lagi planning mau buat anak dan tertarik banget mau baca2 buku2 genekolog yang bisa bantu proses kehamilan. Kalau di sini,bahkan makanan2 banyak banget larangannya (kebanyakan malahan...). Sampai2 temen2 aku yang lagi hamil curhat ini itu mengenai larangan makanan. Sementara adikku di jakarta waktu hamil semuanya di makan, bahkan junkfood juga di makan... Good info ini, thanks ya..

     
  • At 6:46 PM, Blogger Unknown said…

    Whaduww Bunda seru euy postingannya, nambah info niy buat kita yg ibu2, tengkyu yah:)

     
  • At 7:08 PM, Blogger KhRIY said…

    ptama, makasih dah sharing ttg sminarnya...interesting =)

    trs, soal supir yg dipukulin...makin parah gtu yah premanisme di Indonesia. org kerja halal kok malah gak boleh.

    trakhir, makasih ya Din utk ucapan ultah buwat Youssof. kpn maen ke Mesir? msh boleh lho, walopun gak jd sama org Mesirnya hahaha...j/k

     
  • At 8:36 PM, Blogger Dini said…

    Waaaww... polisi intel supir taksi... eh supir taksi polisi intel... eh.. asa aneh.. yah pokoknya itu laaahh....
    Keren juga... berhubung daku pendukung taksi BB di Bandung, jadi seneng ada usaha buat ngelindungin supir taksi BB... hehe..

     
  • At 11:36 PM, Blogger only if . . . said…

    Seminar.. wah, bagus tuh. Setuju banget kalo masy. kita mesti dikasih pengetahuan sedikit soal perlunya kita as parents menegrti sakitnya si anak sebelum ke dokter.

    Serem jg disana kalo anak sakit dikit2 antibiotic krn kadangan gak semua penyakit bisa ditangani dengan antibiotic.. disini antibiotic tuh the last resort biasanya.

    Eh btw, Cai' itu air ? tp kalo Cina Cai itu teh.. jd beda sih hehe..

     
  • At 7:15 AM, Blogger Lili said…

    Ass Bunda Raihan.
    Makasih yah, postingan yg sarat manfaat. Soalnya rencana mau bikin adik utk Fawwaz, mohon doanya yah.
    Sering2 mampir, Insya Allah ada lanjutannya.
    Oh iyah, boleh di link yah blognya?
    Wass

     
  • At 8:56 AM, Blogger Bunda Reva said…

    wah makasih nih sharing seminarnya hehe. bener tuh soal kalo abis minum susu hrs minum air putih. reva pernah lidahnya kayak berjamur gitu, putih2. kata dokter penyebabnya susu. terutama kalo malem tuh, abis minum susu langsung ketiduran. sejak kejadian itu, tiap abis nyusu, selalu aku kasih air putih.

     
  • At 10:56 AM, Blogger ira i said…

    Aii.....Bunda, kok main ke Bandung gak bilang2 aku sih? Btw, makasih udah bagi-bagi materi seminarnya.

     
  • At 2:22 PM, Blogger keluarga dhermawan said…

    Hai Bunda Raihan... salam kenal juga. Thanks udah visit blog-ku. Raihan yuk maen bola sama Rama.. hehehe..

     
  • At 6:20 PM, Blogger Tina said…

    Bundaaaaaaa, makasih referensinya ya.. Bunda baek deh, hehe.. *perayu*

    Ternyata oh ternyata.. make fasilitas kantor, apa itu sama dengan azas manfaat yaak? hihi.. *jahil*

     
  • At 9:23 PM, Blogger Greiche Gege said…

    Ampuun..itu cerita yang di taksi serem amat..jadi deg2an..untung ST bukan siapa2 eh maksudnya bukan orang jahat hehehe..

     
  • At 10:25 PM, Blogger D-eby said…

    Alo bunda, makasih banget dah ngepost hasil ikutan seminarnya jadi lebih belajar lagi nih buat persiapan si bebe termasuk soal perkembangan berbicara anak2 abis saya cukup banyak menemukan orang tua yang cukup kuatir dengan hal yang satu ini terutama kalo anaknya yang mustinya dah bisa ngomong masih aja ketinggalan dengan teman sebayanya, ternyata ngajarin anak berbicara gak main asal aja yah ?! harus ada strateginya biar perkembangan komunikasinya bisa lancar seperti yang diharapkan :) yap..yap *manggut..manggut*

    Mengangkat masalah antibiotik, di LN juga lagi digiatkan kembali awareness untuk orang tua untuk tidak terlalu tergantung ama yang satu ini, karena bener kata mbak, penyembuhan menggunakan antibiotik harus dilihat kasus per kasus.
    Pernah saya liat program tv tentang perkembangan virus dan bakteri di dunia, ternyata banyak dari mereka yang telah bermutasi dan kebal dengan antibiotik yang beredar di dunia sekarang ini. Ternyata, perkembangan si virus dan para bakteri ini sudah lebih canggih di banding kecepatan penemuan antibiotik generasi baru.
    Karenanya sebisa mungkin tubuh kita, baik orang tua dan anak tidak sebaiknya untuk terlalu sering2 kena ekspos si antibiotik biar kekuatan kekebalan badan kita masih kuat buat nyerang virus dan bakteri2 jenis baru.

    Weksss..commentku kok jadi panjang gini !?....
    tambah satu ah,....
    Persiapan sebelum hamil lagi,
    pengalaman disini kemaren, karena hamilnya pake acara planning so..sebelum terjun bebas, saya ama si dokter dicheck semua urusan darah termasuk imunisasi yang diperlukan menjelang kehamilan, kalo ada yang kurang ama si dokter disuruh suntik2 dulu baru kemudian baru dech masuk jalur bikin baby he..he..he..

    okeh bunda thanks again for sharing and I hope you do not mind if I link your blog to mine :)

     
  • At 11:53 AM, Blogger Mama Zaza said…

    waaaa....dapet "supir" intel :) hehehe... asik atuh, jadi dijamin aman itu bun.

    btw, asik kan ikutan PESAT? :)

     
  • At 3:10 PM, Blogger Esti said…

    Wah postingannya mengenai seminar kesehatan menarik. Walaupun anakku udah pada gede dan semuanya waktu kecil sudah dapat imunisasi lengkap, ee...minggu kemarin si sulung kena Morbili atau campak. Bayangin deh dalam 4 hari bolak balik ke dokter. Hari pertama waktu sakit ke emergency karena sakitnya pas minggu sore. Terus 2 hari kemudian kondisinya ngga membaik, badan masih panas, badan juga masih merah plus gatal. Padahal waktu diperiksa di emergency dokternya sudah ngasih obat supaya ngga gatal dan panas. Mau gak mau hari ke 3 itu langsung periksa darah ee.. trombonya turun. Besoknya langsung periksa darah lagi dan trombonya naik. Aku konsul ke internist dan kesimpulannya anakku kena morbilli alias campak. Tak pikir kalo kecilnya udah pernah kena dan udah lengkap imunisasinya, gedenya ngga bakalan dapat lagi penyakit itu. Tetep wee..kena.

     
  • At 4:23 PM, Blogger Yulia said…

    Din, kalo tiap seminar di share di blog..jadi tambah pinter nih kite2x..ixixixix..
    Seminar2x mendatang share lg dunk yak..;)

    Salam kenal juga yaa..;)

     
  • At 9:41 PM, Blogger Rahmi Sukma said…

    Haloow Bunda, how are you today?
    Asyik emang ikut seminar. Kalo masalah kerjaan sekalian nambah jaringan.

    Eh, benar tuh dokter skarang cantik-cantik yak!? Hi...hi...

     
  • At 11:46 AM, Blogger retnanda said…

    wah...
    cerita soal supir taksinya yang intel.. boleh juga. tuh..
    ....

    tp kok sampai segitunyanya ya? sesama sopir taksi kok pukul pukulan ...ya???
    ...

     
Post a Comment

About Me
Name: Bunda RaRa   Home: Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia About Me: I'm a mother of 2,..gossh, i cant believe it i am having those 2 precious now..working professionally in this company...gak penting lah..what matter is my family, always number one.. See my profile...

Previous Post
Archives
Links
Multiply Bunda | Femina | Parents Guide | IMDB.com | AyahBunda | Nakita | Sedap Sekejap | Cosmopolitan | All Recipe | Resep mami | Resep Kita | Resep Mommy Atli | Dapur Bunda | Dongeng 1001 Malam | Milis Sehat | NCC | Parenting

Friends

Jagoanku !

    www.flickr.com
    This is a Flickr badge showing public photos from strawberry chick. Make your own badge here.

Narsis juga ahh

Credits

<<HOME

 

 
"Mad Girl's Love Song" by S.Plath & Dingbat Font - Glamocon